Daftar Tempat Wisata di Sidoarjo Paling Seru

Tempat Wisata di Sidoarjo Paling Seru - Sidoarjo yaitu satu daerah di Propinsi Jawa Timur. Ibu kotanya yaitu Sidoarjo. Daerah ini bersebelahan dengan Kota Surabaya serta Kabupaten Gresik di utara, Selat Madura di timur, Kabupaten Pasuruan di selatan, dan Kabupaten Mojokerto di barat. Berbarengan dengan Gresik, Sidoarjo adalah satu diantara penyangga paling utama Kota Surabaya, serta termasuk juga dalam lokasi Gerbangkertosusila.

Baca Juga :

Tempat Wisata di Surabaya

Tempat Wisata di Indonesia

Sidoarjo sebagai satu diantara penyangga Ibukota Propinsi Jawa Timur adalah daerah yang alami perubahan cepat. Kesuksesan ini diraih karna beragam potensi yang ada di wilayahnya seperti industri serta perdagangan, pariwisata, dan usaha kecil serta menengah bisa dikemas dengan baik serta terukur. Karenanya ada beragam potensi daerah dan support sumber daya manusia yang ideal, jadi dalam perubahannya Sidoarjo dapat jadi satu diantara daerah strategis untuk pengembangan perekonomian regional.

Sidoarjo sendiri adalah satu daerah yang memiliki segudang obyek wisata yang begitu indah salah satunya seperti wisata alam dan wisata histori semuanya ada di Sidoarjo, bila kamu menginginkan liburan disinilah tempat yang pas, ditanggung kamu akan tidak kecewa terlebih bila kamu bertandang dengan sanak saudara, pasangan ataupun keluarga ditanggung tentu berlibur kalian semakin lebih mengasyikkan. Berikut 15 daftar Tempat Wisata di Sidoarjo yang harus mesti kamu kunjungi bila kamu tengah bertandang ke Sidoarjo

1. Pantai Kepetingan

Pantai Kepetingan adalah satu diantara tempat wisata alam yang ada di Sidoarjo. Pantai ini terdapat di Desa Sawoan, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. Untuk meraih tempat ini kamu diwajibkan memakai jalur laut. Pantai Kepetingan ada dii lokasi pedalaman Sidoarjo Tidak banyak yang tahu kalau Sidoarjo mempunyai obyek wisata memiliki nuansa alam. Seperti sungai di pedalaman Kalimantan, selama perjalanan menyusuri pantai anda bakal disuguhi dengan hijaunya daun dari rimba bakau, merdunya kicauan burung yang bersahutan bertengger seolah jadi hiburan sendiri. Pantai ini begitu ramai dikunjungi di akhir minggu, ditambah lagi saat diselenggarakan upacara Nyadran, ritual sedekah laut yang dikerjakan sebagai bentuk sukur pada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Wisata Bahari Tlocor dan Pulau Sarinah

Wisata Bahari Tlocor lokasinya terletak di Kampung Tlocor, Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo. Pulau Sarinah terbentuk karena proses sedimentasi Lumpur Lapindo, tak disangka bahwa lokasi ini mampu menarik minat para wisatawan. Suasana hutan bakau yang sejuk dan tenang adalah salah satu magnetnya. Masih di lokasi yang sama juga terdapat Pantai Telocor, para pengunjung dapat menaiki perahu untuk bisa menyusuri pantai ini. Disini anda akan disuguhkan dengan hijaunya tanaman bakau di samping kiri kanan pesisir. Desiran ombak kecil membuat perahumu sedikit bergoyang menjadi tantangan tersendiri untuk kamu coba. Terdapat juga dermaga buatan yang dibuat dengan tujuan untuk memudahkan perahu merapat. Karena  areal yang dimiliki Pulau Telocor cukup luas.

3. Lumpur Lapindo

Lumpur Lapindo adalah satu bencana alam yang awalannya diawali dengan momen menyemburnya lumpur panas di tempat pengeboran. Lapindo Brantas Inc. di Sudun Balongnongo, Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo mulai sejak tanggal 29 Mei 2006. Semburan lumpur itu selalu meluas sampai pada akhirnya menenggelamkan sebagian lokasi pemukiman serta perindustrian di tiga kecamatan sekitarnya. Tetapi bersamaan perubahannya, Lumpur Lapindo saat ini jadi obyek wisata yang harus dikunjungi saat ada di Sidoarjo. Semburan lumpur berasap yang saat ini mesih mengepul di tengahnya jadi daya tarik sendiri. Saat diatas tanggul, wisatawan akan lihat hamparan air yang luas serta kepulan asap pas di tengahnya. Tidak heran apabila beberapa warga menyebutnya wisata ‘Waduk Berasap’. Walau sekian anda mesti tetaplah waspada serta menjada jarak bila berkunjung ke tempat ini sebab lumpur lapindo bisa menyembur setiap saat.

4. Candi Pari

Candi Pari adalah candi yang berupa sisi empat yang terbuat dari batu bata, tempatnya terdapat di Desa Candi Pari, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, cuma sebagian km. dari pusat semburan lumpur. Candi Pari yaitu candi peninggalan majapahit yang di bangun pada saat kepemimpinan Hayam Wuruk. Bila berwisata ke tempat ini bakal membawa kamu pada nuansa religi agama hindu yang begitu kental. Di sekitaran candi kamu akan temukan arca siwa mahadewa, dua arca Agastya serta 7 arca Ganesha. Di candi ini kamu dapat berekreasi sembari belajar mengenai histori candi ini, jadi memanglah Candi ini dapat begitu pas untuk kamu kunjungi berbarengan dengan keluarga kamu. Style arsitektur yang tergambar dari candi ini begitu serupa dengan bangunan yang ada di negara Vietnam. Terkecuali Candi Pari juga ada Candi Sumur dengan tempat yang berdekatan juga.

5. Museum Mpu Tantular

Museum Mpu Tantular terdapat di Jalan Raya Buduran, satu wisata budaya yang begitu menarik untuk dikunjungi. Museum Mpu Tantular ada di ruang tempat dengan luas 3, 28 hektar. Museum Mpu Tantular menaruh banyak peninggalan bersejarah, seperti emas serta lukisan yang di buat pada era ke-14. Kehadiran museum ini begitu utama untuk mengenalkan kebudayaan nusantara pada generasi penerus. Koleksi benda bersejarah yang dipunyai membuat kamu kerasan berkeliling di dalamnya, dari mulai koleksi emas, etnografi, numismatik, geologi biologi sampai seni rupa pada era ke-14. Untuk Tempat wisata di sidoarjo lainnya yaitu :

6. Makam Putri Ayu Sekar Dadu
7. Sungai Porong
8. Delta Fishing
9. Kolam Pemancingan Sedati
10. Sentra Tas Tanggulangin
11. Kampung Batik Jetis
12. Kampung Sepatu Krian Sidoarjo
13. Monumen Sidoarjo
14. Ritual Nyadran Kepetingan
15. Sun City WaterPark


Itulah banyak di aintara tempat wisata di sidoarjo yang mungkin banyak masih belum adanya tahu.


Sumber : http://wisatajawatimur.xyz/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Oleh Oleh Khas Jogja yang Murah dan Populer